"INI KEMENANGAN GAZA!"

Admins     11.00  No comments

Gaza - Ribuan warga Palestina turun ke jalan-jalan di Gaza untuk merayakan tercapainya gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Kelompok Hamas menyebut gencatan senjata ini sebagai kemenangan untuk perlawanan rakyat Palestina.

“Hari ini kita mengumumkan kemenangan atas perlawanan, hari ini kita mengumumkan kemenangan Gaza,” tegas juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (27/8/2014).

Ketentuan dalam gencatan senjata yang dimediasi Mesir ini, mencakup penghentian kekerasan di Gaza untuk waktu yang tidak terbatas, dan segera dibukanya perlintasan Gaza dengan Israel dan Mesir yang selama ini diblokade. Israel juga menuntut jaminan dihentikannya penyelundupan senjata ke Gaza.

Presiden Palestina Mahmud Abbas menyatakan, kesepakatan gencatan senjata ini harus dipandang sebagai satu langkah maju dalam proses perdamaian.

“Saya ingin mengumumkan bahwa Otoritas Palestina menerima usulan Mesir untuk menyetujui gencatan senjata permanen di Gaza, dan kami harap ini akan menjadi awal dari penghentian penderitaan rakyat kami dan memungkinkan masuknya bantuan yang sangat diperlukan,” tandas Abbas.

Sementara pemerintah Israel menyampaikan harapan agar gencatan senjata ini bisa terus bertahan.
“Saya pikir, pertama-tama mari kita berharap agar gencatan senjata ini terus berlangsung… kita telah melakukan serangkaian gencatan senjata yang sayangnya, dilanggar oleh Hamas dan kami harap ini akan bertahan — itu baik untuk rakyat Gaza dan baik untuk rakyat Israel,” cetus Mark Regev, juru bicara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. [yq/knrp/detik]

, ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.