Johan Budi Klarifikasi Pernyataan Ketua KPK Soal Setya Novanto

Admins     09.30  No comments

Ketua KPK, Abraham Samad mengeluarkan pernyataan yang kontroversial dengan menyatakan 'ikut menyesal' atas terpilihnya Politisi Golkar Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI 2014-2019 karena berpotensi mempunyai masalah hukum.

Namun setelah banyak orang mengecam Samad dan KPK atas pernyataan politis tersebut, Juru Bicara KPK, Johan Budi buru-buru mengklarifikasi dan meluruskan dengan menyebut Setya hanya sebatas memberikan keterangan dalam beberapa kasus. Baik kepada penyidik KPK maupun sebagai saksi di pengadilan. 

"Tidak ada kasus tentang Setya Novanto karena dia memang belum menjadi tersangka," jelas Johan Budi, di Jakarta, Minggu (5/10) malam seperti dilansir JPNN.

Terkait dengan banyaknya tantangan kepada KPK agar segera menangkap Novanto kalau memang melakukan korupsi, Johan menjawab tidak bekerja atas tantangan. Penetapan seseorang sebagai tersangka harus didasari alat bukti. Sepanjang belum ada bukti, KPK tidak bisa begitu saja menetapkan Novanto sebagai tersangka.

Ketika disinggung adanya beberapa kasus yang menyebut keterlibatan Novanto, Johan menyatakan beberapa kasus memang belum ditutup. Misalnya, kasus PON Riau dengan terdakwa Rusli Zainal. Saat ini prosesnya masih berjalan di tingkat kasasi. "Kita lihat putusan kasasi itu seperti apa. Apakah ada kemungkinan dibuka penyelidikan baru atau tidak," tuturnya.

Namun, dibukanya penyelidikan baru bukan berarti lembaga antirasuah tersebut membidik Setya Novanto. Johan menyebut penyelidikan itu untuk siapa pun yang memang layak dimintai pertanggungjawaban.

Sumber: intriknews.com

,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.