Menkeu: Tidak Mungkin Freeport Rugi!

Admins     15.30  No comments

JAKARTA - Sudah sejak 2012, PT Freeport tidak membayarkan kewajiban berupa dividen kepada negara. Freeport mengaku rugi, sehingga tidak memberikan setoran ke pemerintah.

Namun, Menteri Keuangan Chatib Basri tidak percaya dengan pernyataan Freeport tersebut. Dia pun kesal dengan tingkah laku PT Freeport Indonesia.

Chatib menjelaskan, sejak awal pemerintah sudah meminta kepada kementerian BUMN untuk menagih dividen kepada Freeport. Merasa tidak ditanggapi, Chatib akhirnya meminta Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan untuk memanggil pihak Freeport.

"Freeport tidak membayar dividen pada dua tahun terakhir. Ya untuk masalah ini, kita serahkan saja kepada BUMN. Akhirnya saya meminta Dirjen Anggaran memanggil Freeport dan sudah dijelaskan. Dari penjelasan mereka, mereka mengaku kalau merugi," ucap Chatib dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR, Kamis (21/8/2014).

Meskipun begitu, dia tidak langsung percaya begitu saja. "Logikanya, dividen 2013 adalah laba 2012 dimana Freeport masih melakukan ekspor mineral mentah," imbuh dia.

Menurutnya, pembagian saham pemerintah di Freeport tidak besar jumlahnya atau hanya sekitar 9,36 persen. Meski demikian, dividen seharusnya bisa digunakan dan dimasukkan dalam APBN 2014 dengan nilai lebih kurang Rp1,5 triliun.

"Paling tidak kita harus fight dulu, bertahan dulu sudah dua tahun. Tahun lalu tidak bayar alasan ekspor tidak berjalan tapi nyatanya dividen tahun lalu. Dirjen anggaran sudah memanggil," tukas dia.

Sumber: okezone.com

, ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.