Aliansi Buruh Purwakarta Kembali Datangi Kantor Disnaker Purwakarta

Admins     13.24  2 comments

Sebagai tindak lanjut aksi yang telah dilakukan tanggal 10 Juli 2012 kemarin, kembali hari ini Aliansi Buruh Purwakarta datangi kantor Disnaker Purwakarta untuk menagih janji Pak Titov selaku kepala Disnaker Purwakarta yang juga Ketua Dewan Pengupahan (Depekab) Purwakarta.




Sebanyak tidak kurang dari 500 massa Aliansi Buruh Purwakarta, gabungan berbagai SP/SB di Purwakarta seperti FSPMI, SPN, PPMI'98, FSPNI, KASBI, SP PT. Dada, dll untuk menagih janji tersebut, seperti Pembahasan Tata Tertib Depekab, Pembuatan Notulen daslam tiap-tiap meeting, perbaikan system di Depekab, Pembahasan standarisasi item KHL, Pembuatan jadwal/schedule meeting Depekab, dll.

"Tata Tertib ini merupakan nadi dari eksistensi Dewan Pengupahan. Aliansi Buruh Purwakarta hari ini sudah menyampaikan draft revisi Tata Tertib untuk menjadi pertimbangan Depekab. Selama ini yang digunakan masih tata tertib tahun 2009 yang setelah kita kaji ternyata 40% pasal-pasalnya memang HARUS direvisi.Di antara isi tata tertib yang paling krusial adalah dimasukkannya tambahan UMSK atau Upah Minimum Sektoral Kabupaten serta Tata Tertib Survey KHL. Ada satu yang lucu, tatib tahun 2009 itu memungkinkan anggota depekab untuk menjabat lebih dari 2 kali 3 tahun masa jabatan. Jadi sampai bangkotan masih juga menjadi anggota depekab padahal yang lebih muda dan potensial serta lebih enerjik itu banyak. Terlalu lama menjadi anggota Depekab sangat rentan akan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan jabatan. Disamping itu ABP juga masukkan tambahan agar penyampaian anggaran dapat lebih transparan, akuntabel dan bertanggung jawab. Tahun 2013 Purwakarta TIDAK BOLEH lagi menyandang gelar sebagai daerah industri dengan upah terendah se-dunia titik!" ujar Wahyu H, Sekretaris dan juru bicara Aliansi Buruh Purwakarta.

Pengawalan kali ini terasa lebih hidup dan berwarna dengan bergabungnya kawan-kawan dari KSPSI sektor RTMM yang didominasi dari PUK KSPSI PT. Cipta Kemas Abadi (CKA)-Indofood serta beberapa perwakilan dari PT Perfetti yang menyatakan telah bergabung ke Aliansi Buruh Purwakarta.

Pertemuan Depekab kali ini memang tidak berlanjut pada pembahasan pasal per pasal Tata Tertib dikarenakan dari Apindo juga belum menyerahkan draft revisinya. "Kita kasih waktu lagi Depekab kali ini lantaran mereka berkilah dari unsur Apindo belum menyerahkan draft. Disamping itu, Depekab juga menunggu hasil revisi Permen 17/2005 tentang KHL yang juga akan dimasukkan ke dalam Tatib. Setidaknya kali ini kita dapat hasil bahwa Depekab sudah menjadualkan pertemuan mereka. Tanggal 25 Juli nanti Depekab menjadualkan agenda pembahasan Tata Tertib sehingga kembali, Aliansi Buruh akan mengawalnya lagi." lanjut sekretaris.

Kita belum mengetahui apa yang akan dilakukan Aliansi setelah tanggal 25 Juli 2012 nanti apabila ternyata hasil pembahasan tidak sesuai dengan harapan kaum buruh. Namun situasi pertemuan Depekab kali ini terasa berbeda nuansanya dibandingkan dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya di mana kali ini tampak sangat jelas bahwa Depekab tidak lagi memandang sebelah mata ABP serta tidak lagi mempersoalkan yuridis formil ABP.

Rencananya tanggal 19 Juli 2012 ini ABP kembali akan menyambangi Kantor Disnakertransos Purwakarta terkait adanya agenda pertemuan ABP dengan Disnaker Purwakarta untuk membahas perihal Penghapusan Outsourcing. Sebelumnya, yaitu tanggal 18 Juli 2012 sebagaimana sudah diinformasikan bahwa ABP dan DPP FSPMI akan menggelar aksi solidaritas Mogok Kerja karyawan PT Jideco Mitsuba Indonesia, kawasan Kota Bukit Indah, yang akan mogok kerja mulai tanggal 18 - 31 Juli 2012 atas sikap manajemen yang masih melanggar kebebasan berserikat, pelanggaran outsourcing serta usaha kriminalisasi aktifis buruh yang ada di perusahaan tersebut. Diperkirakan dalam aksi solidaritas selama hampir 2 minggu tersebut massa akan mencapai lebih dari 7000 orang yang bisa jadi akan membawa pengaruh pada situasi KBI menjadi kurang kondusif. Dipastikan para buruh dari Jabodetabek, Karawang, Purwakarta maupun Bandung akan mengepung PT Jideco Mitsuba Indonesia.

, , , , , , , , , , ,

2 komentar :

  1. Pengawalan adalah harga mati untuk kontrol dan perbaikan dari kinerja DPKAB Purwakarta. Semua perkembangan harus disampaikan secara transparansi
    jangan plin-plan, sebelum di kepung bicara tidak ada dana tapi setelah pengepungan kemarin anggota DPKAB menyampaikan kalau anggaran tahun ini sebesar 200 juta. Apa harus selalu dikepung baru keluar statemen yang benar. Bagaimana Pak Tambunan
    apa perlu harus kita grudug lagi? Transparansi harus dijalankan sekarang era reformasi ga jaman
    main brangus meskipun cuma informasi. DPKAB bukan kelompok eksklusif Pak Tambunan...ingat itu!!!!!!!!! Kalau upah naik akan banyak perusahaan tutup atau pindah tai!!! omong kosong!!! mungkin cuma angpaw saja yang kalian takutkan. Nyatanya di Bekasi tidak ada berita perusahaan pindah atau tutup karena Upah naik, tapi investasi tetap bertambah. Buat pengurus DPC KSPSI Purwakarta apa yang sudah anda lakukan untuk buruh Purwakarta saat ini, mana Kontribusi Positifmu?? Kalian hanya Mikirin SAHATE, SAHATEA, SAHATEUING.....!!!!!
    Perjuangan Kawan-kawan dari PUK CKA adalah bukti sebenarnya anda sedang dilanda Krisis internal, hati-hati dan segera ambil sikap karena ini akan menjadi badai yang siap menghempaskan anda. Jangan hanya menghitung besaran uang COS tapi lakukan tindakan nyata untuk mensejahterakan buruh yang mengikuti anda.
    Kami tidak mau dimiskinkan dan dibodohi lagi. Ayo kawan-kawan KSPSI SPV, INDORAMA & INDOBARAT mana perjuanganmu!!!! Kami tau anda semua sama-sama sengsara seperti kita. Apakah kalian tetap mau menurut semua kata pengurus anda kalau toh ga membawa manfaat nyata buat kesejahteraan kita. Loyalitas? tai kucing!!!!!
    Tinggalkan semua, lupakan mereka.....
    Ayo maju bersama untuk masa depan kita semua bukan untuk kesejahteraan segelintir orang yang mengatasnamakan organisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, SPSI Purwakarta ga ada geliatnya......
      Sibuk ngurusin kaos SAHATEUING.................
      Jadi lupa membela buruhnya.....................
      Salut buat Kawan-kawan CKA, aku siap mendukungmu
      Jempol Buat Aliansi Buruh Purwakarta.
      Jempol menghadap kebawah buat Pak Tambunan CS.

      Hapus

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.