Pengkhianatan Terhadap 8 Tahun Aksi Kamisan Suciwati di Depan Istana

Admins     13.00  No comments

Pagi @jokowi_do2 @Pak_JK kami sudah 8 tahun berdiri aksi diam Kamisan di depan istana untuk mencari keadilan kenapa pelakunya anda angkat jadi penasehat?"
 
Itu kicauan perempuan aktivis penegakan hak asasi manusia, Suciwati, di twitter tadi pagi. Istri dari tokoh anti pelanggaran HAM, Munir Said Thalib, itu kembali dikecewakan oleh permainan politik.

Kekecewaan Suciwati terhadap Joko Widodo dan Jusuf Kalla "meluap" setelah mantan Kepala Badan Intelijen Negara, A.M Hendropriyono, diputuskan sebagai salah satu penasihat Tim Transisi Jokowi-JK, yang salah satu tugasnya membuat proyeksi susunan kabinet.

Nama Hendropriyono menambah beban citra Tim Transisi karena sebelumnya nama Rini Soemarno selaku kepala staf tim juga dicerca para aktivis anti neoliberal dan pengamat politik.

"Apakah Anda tidak cukup pede (percaya diri) untuk menjadi presiden dan wapres jika tidak bersama pelaku pelanggar HAM? Apakah agenda HAM selalau dikorbankan untuk kepentingan yang sesaat sementara ini adalah hal yang paling mendasar?" tulis Suciwati beberapa hari lalu.

Wajar jika Suciwati tajam menyindir. Selain terlibat dalam kasus pelanggaran HAM Peristiwa Talangsari di Lampung di tahun 1989, Hendropriyono pun diduga kuat merupakan salah satu aktor utama dalam kasus pembunuhan suaminya pada tahun 2004.

Aktivis politik yang terlibat dalam gerakan pemilu bersih, Ray Rangkuti, juga menyatakan nada protes serupa dengan rekan-rekannya yang lain. "Bukankah Jokowi mendapat simpati justru karena dinilai tidak memiliki catatan buruk soal HAM baik di masa lalu maupun sekarang?" ujar Ray.

Masih di ranah dunia maya, beredar petisi bikinan "Masyarakat Indonesia yang Peduli di Dalam dan di Luar Negeri". Petisi itu bertajuk "Tolak Keterlibatan A.M. Hendropriyono dalam Pemerintahan Jokowi-JK 2014-2019 dan Rombak Ulang Tim Transisi". Sampai saat ini, sudah lebih dari 1.500 tanda tangan terkumpul lewat media maya.

,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.