Press Release : Dewan Pimpinan Pusat Federasi Pekerja Industri Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPP FKI SPSI)

Admins     15.00  No comments

TOLAK RENCANA PEMERINTAH UNTUK MENAIKAN HARGA BBM !!!

Terkait dengan hasil sidang paripurna DPR RI pada hari Senin, 17 Juni 2013 yang menyetujui usulan pemerintah untuk menaikan harga BBM dengan cara voting dengan ini kami Dewan Pimpinan Pusat Federasi Pekerja Industri Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPP FKI SPSI) bersama seluruh elemen rakyat lainnya seperti Buruh Pabrik, Buruh Tani, Petani, Nelayan, Tukang Ojek, Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, Akademisi, Ulama, Pemuka Agama, Pegawai Negeri/Swasta, Pelaku Industri/Pabrik dan Pedagang Kecil & Kaki Lima menyatakan sikap
"Menolak rencana pemerintah untuk menaikan harga BBM" sebab jika rencana ini jadi dilaksanakan maka :

1. Akan menambah jumlah rakyat miskin di Indonesia secara signifikan dalam waktu cepat, daya beli masyarakat akan turun yg akan berdampak pada turunnya kualitas hidup rakyat Indonesia secara umum.
2. Harga kebutuhan pokok sehari-hari akan naik (9 bahan pokok) sebagai efect atas naiknya harga bbm, saat ini saja harga" sudah naik apalagi jika harga BBM jadi dinaikan.
3. Angka PHK akan meningkat, dengan kenaikan harga BBM maka biaya bahan baku industri dan biaya" lainnya akan meningkat maka hanya industri/pabrik yg kuat saja yg mampu bertahan pabrik kecil banyak yang akan tutup.
4. Jika angka PHK meningkat maka akan sangat memukul perekonomian masyarakat sekitar kawasan industri (kontrakan" menjadi kosong karena ditinggal buruh yg di PHK, warung" kecil spt kelontong, nasi uduk dll gulung tikar, tukang" ojek akan kehilangan pelanggannya yg sudah di PHK) perekonomian masyarakat sekitar kawasan industri akan menurun drastis.
5. Inflasi akan naik seiring dengan hal itu maka perekonomian secara umum akan menurun, angka pengangguran akan naik karena daya serap industri terhadap pelamar kerja akan menurun dan masalah sosial lainnya tentu akan meningkat (kejahatan dst).
6. Pemberian BLSM (bantuan langsung sementara masyarakat) tidak akan efektif membantu masyarakat untuk bertahan di situasi ekonomi yg sulit, justru dengan BLSM akan mendidik rakyat menjadi konsumtif bukan mendidik rakyat menjadi kreatif (pengalaman BLT sebelumnya).
7. Kenaikan UMK Buruh pada awal tahun 2013 tidak akan berarti banyak jika harga BBM jadi naik dan sangat berdampak pada hubungan industrial.
8. Situasi keamanan nasional secara umum akan menjadi rawan dan lagi-lagi masyarakat umum yang akan menanggung akibatnya.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas kami menyerukan kepada Presiden SBY agar segera membatalkan rencana pemerintah untuk menaikan harga BBM dan jika pemerintah tetap ngotot untuk menaikan harga BBM maka kami menyerukan kepada seluruh elemen Rakyat Indonesia untuk menolak rencana pemerintah menaikan harga BBM dengan cara melakukan gerakan bersama turun ke jalan", stop operasional kawasan" industri, tutup tol dan bandara dan jika pemerintah masih ngotot maka Pemogokan Nasional menjadi jawabannya !!!

Salam Juang,
DPP FKI SPSI

, , , , , , ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.