Upaya Terakhir: "Pecah Belah Koalisi Merah Putih"

Admins     14.30  No comments

Isu perpecahan Koalisi Merah Putih yang terus menerus dihembuskan oleh kubu Jokowi merupakan upaya terakhir untuk memperkuat kekuatan di parlemen dalam mendukung kinerja dari pemerintah selanjutnya.

Demikian dikatakan pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman sebagaimana dilansir RMOL, Selasa (26/8).

Jajat menilai, upaya memecah belah Koalisi Merah Putih semakin menunjukan kekhawatiran yang besar dari tim Jokowi jika pemerintahan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Satu-satunya cara untuk memastikan agenda pemerintahan Jokowi-JK lancar hanyalah memperkuat parlemen, ini adalah upaya terakhir yang bisa dilakukan untuk melindungi pemerintahan Jokowi-JK.

"Tampaknya Jokowi sadar betul jika pemerintahan tidak mempunyai dukungan kuat di parlemen akan berimbas pada sistem pemerintahan yang akan dijalankan. Tentu kita masih ingat bagaimana Obama, seorang Presiden di negara adikuasa harus menutup semua aktivitas pemerintahannya hingga dua minggu karena pengajuan anggarannya tidak di setujui DPR Amerika," kata Jajat.

Kekuatan besar parlemen, tambah Jajat, akan sangat membantu kinerja pemrintahan Jokowi-JK. Namun mengingat para petinggi partai Koalisi Merah Putih yang semakin solid dan menyatakan akan tetap bertahan tentunya akan menjadi tantangan besar Jokowi-JK dalam menjalankan roda pemerintahan.

,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.