PRESS RELEASE ALIANSI BURUH PURWAKARTA : AKSI SOLIDARITAS MOGOK KERJA PT JIDECO INDONESIA

Admins     01.58  No comments

“GELOMBANG BESAR HOSTUM MENCAPAI PURWAKARTA”

Assalaamu’alaikum Wr.Wb

HIDUP BURUH!!

Pada pagi hari, tanggal 18 Juli 2012 dipastikan Aliansi Buruh Purwakarta bersama FSPMI se Jabodetabek, Karawang, Bandung, Cimahi, Serang, Cilegon akan tumplek tumpah ruah mengepung PT Jideco Indonesia di Kawasan Kota Bukit Indah Purwakarta karena nyata-nyata manajemen PT Jideco Indonesia telah melakukan tindakan-tindakan yang berusaha untuk melemahkan dan memadamkan eksistensi dari Serikat Pekerja dengan berupaya pula untuk mengkriminalisasi aktifis buruh atau yang disebut dengan Tindakan Union Busting. 
Pada tanggal 9 Juli 2012, PUK SPAMK FSPMI PT Jideco Indonesia telah melayangkan surat Nomor 047/PUK/SPAMK-FSPMI/JIDECO/07/2012 perihal Pemberitahuan Mogok Kerja yang akan dilakukan mereka mulai tanggal 18 – 31 Juli 2012. Bertahun-tahun PT Jideco Indonesia ini sesungguhnya sudah memiliki Serikat Pekerja. Sebelumnya FSPSI sampai akhirnya beralih menjadi FSPMI dengan nomor pencatatan 251/158/PUK-SPAMK FSPMI/PT.JIDECO/PWK/X/2008. Sebelum tahun 2008 tersebut (Era SPSI) dan selanjutnya memasuki era FSPMI sampai setelah masa akuisisi oleh Mitsuba beberapa bulan yang lalu (Tidak jelas kapan persisnya) hingga detik ini sekalipun, mereka BELUM memiliki apa yang disebut Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Ditunda, ditunda dan selalu ditunda.
Semenjak tahun 1999, setelah sebelumnya sempat bekerja di Nissan dan Sari Roti, Bu Kristina AS memimpin Departemen HRD/GA PT Jideco Indonesia. Satu hal yang tidak dapat kami pahami dari Bu Kristin ini, sebagai seorang wanita yang seharusnya mengajarkan dan menerapkan apa yang dinamakan kelemah-lembutan, kasih sayang dan kemuliaan justeru memperlihatkan kekuatan tangan besinya, pun terhadap Serikat Pekerja PT Jideco Indonesia.
Tercatat, ada 30 orang karyawan outsourcing di PT Jideco dimana 16 orang diantaranya dari CV Guntur ditempatkan di departemen Warehouse dan QA. Jelas ini melanggar UU 13/2003 karena masuk pada proses produksi. Tapi apa? Pada surat tanggapan manajemen terhadap pemberitahuan mogok kerja karyawannya Bu Kristin mengatakan bahwa Sistem Kerja Outsourcing dan PKWT di PT Jideco Indonesia sudah sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.
Keadaan yang terus berkembang paska aksi upah tanggal 10 Nopember 2011 lalu juga membuat hampir semua pihak merasa prihatin. Sangat kental adanya keinginan manajemen PT Jideco untuk memberangus keberadaan Serikat Pekerja dengan tidak ada niatan untuk mencabut perkara. Tidak tampak niatan manajemen untuk membina hubungan yang baik dan harmonis dengan kaum buruh. Ketiadaan niat baik ini pula yang menyebabkan kaum buruh baik Aliansi Buruh Purwakarta maupun DPP FSPMI menginstruksikan setiap anggotanya untuk memberikan solidaritas atas aksi mogok kerja PUK SPAMK FSPMI PT Jideco Indonesia sebagai bentuk perlawanan terhadap sikap keras kepala serta arogansi pihak manajemen yang diwakili oleh Bu Kristin.

Masalah Union Busting karyawan PT Jideco ini sudah masuk ranah DPP FSPMI serta ABP. Seyogyanya semua pihak yang terlibat permasalahan ini dapat duduk bersama dalam mencari penyelesaian dan jalan terbaik bagi terjaganya harmonisasi hubungan buruh/pekerja dengan pihak manajemen. Masalah PT Jideco Indonesia Mitsuba ini dipastikan langsung atau tidak langsung, sedikit banyaknya akan menjadikan situasi Kota Bukit Indah menjadi kurang kondusif.

Gelombang besar HOSTUM sudah sampai ke Purwakarta dengan Aliansi Buruh Purwakarta di dalamnya. Gelombang ini akan terus bergulir hingga masa ketika Buruh di Purwakarta secara umum mendapatkan perlakuan yang lebih manusiawi serta upah yang lebih layak dan berkeadilan.

Dengan ini, kami atas nama Aliansi Buruh Purwakarta menyerukan kepada manajemen PT Jideco Indonesia :
1. Hentikan Kriminalisasi Buruh
2. Hapuskan sistem kerja Outsourcing
3. Berikan hak-hak kebebasan berserikat.
4. Tingkatkan kesejahteraan Pekerja

Sekian dan terimakasih.
HIDUP BURUH!!
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.
Aliansi Buruh Purwakarta,
Tertanda,

Wahyu Hidayat
Sekretaris/Juru Bicara ABP

, , , , , , , , , ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.