PRESS RELEASE : Aksi Pengupahan & HOSTUM , 10 Juli 2012

Admins     23.16  No comments

PRESS RELEASE :
Aksi Pengupahan & HOSTUM , 10 Juli 2012
ALIANSI BURUH PURWAKARTA

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Mengutip pidato Bung Said Iqbal (Presiden KSPI/FSPMI) pada sidang ILO ke 101 bulan lalu: “Indonesia adalah Negara dengan populasi 237 juta penduduk dan Negara muslim terbesar. Indonesia adalah anggota G20 dengan GDP 7508 triliun rupiah dengan peringkat ke 17 dari 190 negara di dunia. Meskipun dalam prakteknya sungguh merupakan hal ironis karena 90% dari total GDP hanya dinikmati oleh 10% warga negara kaya, sedangkan upah buruh Indonesia hanya menduduki peringkat ke 68 dari 100 negara yang telah disurvey ILO dengan rata – rata upah minimum hanya US $ 120 per bulan yang hanya cukup untuk menghidupi diri dan keluarga-nya selama 18 hari dalam sebulan dan 12 hari sisanya harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Upah yang rendah inilah yang menciptakan lingkaran kemiskinan bagi buruh.”
Nasib buruh Indonesia dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan, walaupun kebijakan pengupahan berganti-ganti, tetap saja nasib buruh tetap miskin, jauh tertinggal dari negara-negara lainnya sekalipun GDP Indonesia adalah jauh di atas negara-negara lain di wilayah ASEAN sekalipun.
Selanjutnya, selaku pekerja di Purwakarta -yang menurut Bung Iqbal- sebagai wilayah industri dengan upah TERENDAH SE-DUNIA maka semenjak masuknya wakil kami di Dewan Pengupahan, secara massive kami lakukan pengawasan, pengawalan dan termasuk persiapan-persiapan aksi sebagaimana yang pernah kami sampaikan dalam beberapa kesempatan sebelumnya.

Terkait dengan janji bupati untuk menerapkan upah sektoral serta penghapusan out sourcing, kami belum melihat adanya langkah nyata baik dari bupati sendiri maupun dari aparatur lain yang berkepentingan untuk menjadikan janji bupati sebagai kenyataan. Kami justeru dapati Dewan Pengupahan (termasuk wakil buruhnya dari SPSI) yang semakin menunjukkan ketidak kredibelan serta ketidak sungguhan mereka dalam mengurusi upah kami.

Hari ini Aliansi Buruh Purwakarta sebagai gabungan dari Federasi/Serikat Pekerja yang ada di Purwakarta (selain SPSI) dengan masa sekitar 1500 orang menyerukan kepada DEPEKAB untuk berbenah diri dan kepada Bupati Purwakarta untuk segera merealisasikan janji-janjinya bagi kaum buruh Purwakarta. Dengan ini kami menyatakan akan terus bergerak dan melakukan hal-hal yang dianggap perlu demi terwujudnya upah yang lebih layak ,dapat dihapuskannya sistem kerja out sourcing, serta dijalankannya Jaminan Sosial.

Aliansi Buruh Purwakarta bersama Buruh Pekerja yang tergabung dalam MPBI juga aktif untuk melaksanakan setiap instruksi dalam memperjuangkan HOSTUM (Hapuskan Out Sourcing Tolak Upah Murah).
Tahun depan Upah Purwakarta harus jauh lebih baik!! Dan kami akan terus memperjuangkan impian kami.
Terimakasih.
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.
Tertanda Sigit P (Ketua) -- Wahyu H (Sekretaris)

Sekretariat: Kp. Gandasari RT04/01 Babakan Cikao Purwakarta.
Mobile: 085793319858/085213088098

, , , , , , , ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.