Pembaruan Gerakan Buruh Belanda

Admins     07.10  No comments

Pada abad XXI ini, organisasi buruh harus lebih demokratis, modern dan transparan. Selanjutnya anggota harus mempunyai pengaruh langsung serta ikut menentukan kebijaksanaan di semua tingkatan. Demikian gagasan De Nieuwe Vakbeweging (DNV) yang dipresentasikan tanggal 1 Mei lalu. DNV adalah nama baru FNV (Federatie Nederlandse Vakbeweging). Jetta Klijnsma, politika PvdA dan mantan Menteri Muda Sosial mempresentasikan gagasan pembaruan gabungan serikat buruh tersebut. Ia mengajukan usul tersebut dengan moto: ‘Het wordt weer leuk bij de vakbeweging’ atau organisasi buruh kembali akan menjadi gerakan yang menarik.

Referendum
Selanjutnya Jetta Klijnsma mengusulkan agar gabungan serikat buruh mempunyai semacam dewan perwakilan anggota dan keleluasaan untuk menyelenggarakan referendum. Inisiatif untuk menyelenggarakannya juga bisa datang dari kalangan anggota. Politikus wanita ini juga pendukung sistem anggota memilih langsung ketua serikat buruh. Anggota menentukan sendiri dengan serikat buruh mana ia ingin bergabung. Atau pada beberapa serikat sekaligus. Dalam organisasi bentuk baru ini, perserikatan tidak hanya terbagi-bagi dalam sektor kerja, tetapi juga sebagai kegiatan usaha mandiri, pensiunan, wanita atau remaja. Sudah lebih dari 100 tahun serikat buruh tampil memperjuangkan kepentingan kelompok pekerja. Mereka berunding dengan pihak majikan membicarakan masalah upah dan persyaratan kerja. Selanjutnya wakil majikan dan buruh secara berkala membuat berbagai kesepakatan dengan kabinet. Sistem ini mendapat pujian dunia internasional dan mendapat julukan 'poldermodel', gaya polder. Selama beberapa dasawarsa terakhir, sistem ini telah membuat hubungan kerja di Belanda berlangsung tenang dan stabil.

Pensiun
Gagasan untuk membentuk organisasi buruh baru ini muncul menyusul pertikaian internal di dalam FNV mengenai kesepakatan sistem pensiun. Jumlah manula di Belanda makin banyak dan kelangsungan hidup sistem pensiun terancam. Serikat buruh, majikan dan kabinet sepakat menaikkan usia pensiun secara bertahap, dari 65 menjadi 67 tahun. Para penentang kesepakatan ini menyatakan, ini tidak adil. Dengan demikian, masa kerja buruh yang mengandalkan tenaga fisik juga semakin panjang. Sejak pertengahan Februari lalu, kelompok kerja pimpinan Jetta Klijnsma telah berbicara dengan berbagai pihak, baik di dalam lingkungan FNV, dengan gabungan serikat buruh lain, serikat majikan dan politisi. Di dalam organisasi FNV sendiri tersedia peluang untuk menanggapi usul pembaruan ini. Kongres pembentukan De Nieuwe Vakbeweging, akan diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2012.

Reaksi Awal
Ketua FNV, Agnes Jongerius, menyambut gembira usulan ini. Abvakabo (serikat pegawai negeri) dan FNV Bondgenoten (serikat beberapa sektor kerja) walaupun mendukung, bersikap hati-hati. ANBO (serikat pekerja lanjut usia) sejauh ini bersikap dingin. Di muka layar televisi, Henk van der Kolk, ketua FNV Bondgenoten menyatakan: "Saya menilai usulan memuat langkah-langkah yang berdampak sangat luas. Bagaimanapun, itu merupakan dasar untuk pembicaraan lebih lanjut, untuk mencapai suatu kesepakatan yang didukung oleh semua anggota kami. Kita belum sampai pada tahap tersebut. Sejauh ini masih ada kemungkinan kita akan tercerai-berai, dalam berbagai perserikatan. Besar dan kecil. "Bagus juga jika gerakan buruh melakukan pembaruan." Demikian bunyi pesan twitter pemimpin PvdA Diederik Samson. Rekannya, Emile Roemer, pemimpin Partai Sosialis SP, menyambut baik usulan ini. "Saya berharap, dalam kenyataannya nanti, persatuan gerakan buruh baru ini benar-benar bermanfa'at bagi para anggotanya," katanya.

Kaku
Sjaak van der Velden, sejarawan dengan spesialisasi gerakan buruh, ragu bagaimana serikat buruh akan menjadi lebih demokratis. "Bagaimana itu bentuk persisnya?" tanyanya. Bagaimanapun ia menyambut gembira adanya niat menciptakan lebih banyak keterbukaan. "Selama ini, jika ada konflik di dalam organisasi, orang akan mendapat gambaran lebih jelas dari koran-koran biasa, ketimbang dari penerbitan kalangan buruh sendiri. Dalam hal-hal seperti itu, gerakan buruh sangat kaku. Gerakan buruh telah terbukti mampu berbuat banyak. Orang harus merasa bangga atas organisasi mereka. Hal-hal seperti itu pun sangat perlu."

Sumber: RNW (Radio Nederland Weredomroep)

, , , , , , , ,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.