Rieke Diah Pitaloka : Gerakan Buruh Harus Berkesinambungan

Admins     12.44  No comments

Pos Kota – Rieke ‘Oneng’ Diah Pitaloka menghadiri deklarasi Aliansi Buruh Purwakarta yang diikuti ribuan buruh dari berbagai elemen di Lapangan Bola Polres Purwakarta, Sabtu (5/5) siang. Hadir pula, Presiden KSPI Said Ikbal, Presiden KSPSI Andi Ghani dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Aliansi Buruh Purwakarta terdiri FSPMI, SPN, PPMI’98, KASBI dan FSPNI menyuarakan penghapusan outsouching, menolak upah murah dan segera berlakukan badan pengelola jaminan sosial (BPJS).


Dalam orasinya pemeran Oneng di ‘Sitkom Bajaj Bajuri’ itu menyerukan pergerakan buruh jangan dilakukan setiap memperingati May Day saja, tetapi harus berkelanjutan supaya kesejahteraan buruh terdongkrak. Yang menjadi pertanyaan besar saya, lanjut Rieke, sudahkan gerakan buruh Indonesia betul betul mengarah kepada perubahan signifikan. ” Belum,” jawab Rieke. Oleh karena itu, kata Rieke, gerakan buruh secara bersama sama mentranspormasikan menuju gerakan politik supaya bisa mempengaruhi kebijakan nasional yang dikeluarkan pemerintah. ” Karena melalui gerakan politik ini bargaining position buruh dengan pemerintah dan parlemen diakomodir,” tandas politisi PDIP itu.

Presiden KSPI, Said Ikbal menegaskan, keberadaan buruh berperan aktif menentukan arah pembangunan nasional. Dengan begitu, sudah waktunya buruh nasional diperhatikan pemerintah dari segi kesejahteraan. “Dari 1400 triliun APBN sebagian besar berasal sumbangsih buruh melalui Pph,” ungkapnya. Untuk itu, Ikbal menegaskan, MPBI akan mendorong pemerintah agar pada 1 Januari 2013 menandatangi standar pengupahan layak dan pemberlakuan pensiun untuk buruh. ” Tanggal itu deadline buat pemerintah. Ini bukan ancaman. Bila pemerintah tak ikuti keinginan itu, buruh siap turun ke jalan membawa massa lebih banyak lagi,” tandasnya. Kecuali itu, Ikbal menyindir di Jawa Barat masih tersisa 2 kabupaten lagi memberikan UMK murah yakni Purwakarta dan Bogor. ” UMK Purwakarta paling kecil se-dunia. Bukan lagi se-Jawa atau Indonesia, tetapi skala dunia, paling memprihatinkan. Yang hanya Rp 1,2 juta,” bebernya seraya meminta, Bupati tolong memerhatikan upah buruh Purwakarta. Spontan raut wajah Bupati Dedi memerah.

Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, menjelaskan, ada tiga hal penting yang kini tengah dirumuskan untuk terpenuhinya kesejahteraan buruh Purwakarta. ” Langkah pertama, mulai Juni, saya akan hapus outsourching di Purwakarta,” janjinya. Kedua, lanjut Bupati, pola pengupahan dibikin sama. Untuk itu akan dibuat Perbup yang mengatur pengupahan. “Ya kira kira 4 sampai 12 jenis usaha dengan memerhatikan upah bagi buruh. Kita bikin sejajar,” tandasnya. Ketiga, sebut Dedi, pihaknya akan menyiapkan jasa pensiun untuk seluruh rakyat. ” 1 Januari 2014 jasa pensiun untuk rakyat diberlakukan,” katanya. Dedi meminta, elemen buruh Purwakarta mengutus perwakilan pada pekan depan untuk berembug bersamanya merumuskan UMK 2013 layak. ” Silakan demo saya, bila janji ini tak dipenuhi,” pungkasnya.

Massa buruh pun riuh. ” Janji lho bupati,” kata mereka seragam. (dadan)

Sumber: http://www.poskotanews.com/2012/05/05/rieke-diah-pitaloka-gerakan-buruh-harus-bersinambungan/

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.