Jengkol dan Kesehatan

Admins     20.30  No comments

JENGKOL merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Namun, tidak sedikit pula yang tidak menyukainya karena aroma yang tidak begitu sedap. Namun, jangan salah dulu, walaupun aromanya tidak begitu sedap, kandungan manfaat yang ada pada jengkol ini sangat baik bagi kesehatan kita lho.

Berikut ada beberapa kandungan manfaat yang terdapat pada jengkol bagi kesehatan.

1. Kaya protein
Jengkol ternyata kaya akan kandungan protein yang cukup tinggi berkisar antara 23,3 gram per 100 gram jengkol. Kandungan protein nabati dari jengkol ini lebih tinggi dari kacang kedelai dan kacang hijau. Protein dalam tubuh sangat berfungsi sebagai pengganti atau untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh. Kandungan protein nabati lebih baik daripada protein hewani. Dari penelitian diketahui bahwa mengonsumsi lebih banyak protein hewani akan mempercepat penggemukan, sedangkan mengonsumsi banyak protein nabati akan lebih banyak meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur dua kali lebih lama daripada protein hewani. Selain itu tentunya banyak sekali manfaat protein bagi tubuh kita.

2. Zat besi
Zat besi tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida. Oleh sebab itu, mineral ini sangat penting dalam pernafasan sel tubuh. Jika Anda kekurangan zat besi, maka pengangkut oksigen akan berkurang sehingga tubuh menjadi lemas, lesu, pucat, dan lemah. Coba bayangkan jika Anda tidak bernafas selama 10 menit, pasti akan lemas dan sedikit megap-megap. Seperti itu juga gambaran pernafasan sel kita yang kekurangan oksigen. Jengkol mengandung 4,7 gram zat besi per 100 gram bahan. Jadi, makan jengkol bisa membuat hidup Anda lebih bergairah.

3. Kalsium
Kadar kalsium dalam jengkol adalah 140 miligram/100 gram bahan. Kalsium akan menjaga tulang Anda dari pengeroposan. Makanan ini juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan kalsium dalam jumlah besar.

4. Kaya kandungan fosfor
Fosfor berfungsi hampir sama dengan kalsium sebagai pencegah tulang keropos dan menjaga gigi agar tidak berlubang. Kandungan fosfor di dalam jengkol berkisar 166,7 miligram per 100 gram jengkol. Mau gigi berlubang atau memilih makan jengkol.

5. Vitamin
Vitaman yang bisa ditemukan dalam makanan berwarna kecoklatan ini antara lain vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan vitamin A pada jengkol sekitar 658 miligram/100 gram bahan. Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 akan membantu penyerapan protein, sedangkan vitamin B1menjaga kepekaan syaraf. Jengkol mengandung 80 miligram vitamin C tiap 100 gramnya. Vitamin C adalah antioksidan yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh sekaligus penangkal virus dan bakteri. Selain itu vitamin C juga berperan dalam penyerapan zat besi. Jadi mengonsumsi jengkol bisa mengoptimalkan kadar hemoglodin darah karena mengandung zat besi sekaligus vitamin C.

,

0 komentar :

Recent Post

Proudly Powered by Blogger.